Pages

Senin, 14 Maret 2011

Istilah-istilah dalam Sistem Operasi



1.                     Accounting : proses yang dilakukan terhadap data yang ada pada account.
2.                      Address : lokasi pada disk atau memory yang menunjuk dimana informasi tersebut berada.
3.                      Administrator : system yg mengurusi untuk user.
4.                      Algoritma : Urutan langkah -langkah penyelesaian masalah.
5.                      Application code : adalah kode ditulis secara khusus untuk aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Jawa. (Ini kode yang sama bisa saja dihasilkan di C # atau C + + juga.).
6.                      Algoritma FCFS :  algoritma sederhana dimana proses yang datang duluan maka dia yang dieksekusi pertama kalinya.
7.                      Algoritma Round Robin (RR) dirancang untuk sistem time sharing. Algoritma ini mirip dengan penjadual FCFS, namun preemption ditambahkan untuk switch antara proses. Antrian ready diperlakukan atau dianggap sebagai antrian sirkular. CPU menglilingi antrian ready dan mengalokasikan masing-masing proses untuk interval waktu tertentu sampai satu time slice/ quantum.
8.                      Algoritma SJF yaitu algoritma penjadualan CPU dimana proses yang paling pendek dieksekusi terlebih dahulu.
9.                      Algortima penjadualan adalah pemilihan proses dari antrian ready untuk dapat dieksekusi
10.                  Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
11.                  Asynchronous : Proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.
12.                  Backup : Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
13.                  Bad Block Table : Sebuah daftar dalam harddisk yang berisi lokasi block dalam disk yang rusak dan tidak dapat dipakai untuk menyimpan data. Sering pula disebut media detect line.
14.                  Bandwith : Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.
15.                  Binary :  Dalam matematika berarti penomoran yang berbasis dua, misalnya menggunakan angka nol dan satu atau on dan off. Dalam format file, adalah berupa file yang berbentuk format apapun untuk data digital yang disusun berdasarkan kode bit yang bukan merupakan data yang bisa dicetak langsung. Dalam pemrograman, binary merupakan deskripsi dari operator yang diambil dari 2 argumen.
16.                  Block : data fisik yang berisikan bit atau byte secara kontinue, dan berjumlah tetap dalam sejumlah karakter atau record dan dikirimkan dalam suatu kesatuan unit di dalam transmisi.
17.                  Block device : Suatu perangkat, yang memindahkan informasi dalam bentuk blok.
18.                  Blocking (application) : Ketika suatu aplikasi menggunakan sebuah blocking system call, eksekusi aplikasi itu akan diberhentikan untuk sementara. Aplikasi tersebut akan dipindahkan ke wait queue. Dan setelah system call tersebut selesai, aplikasi tersebut dikembalikan ke run queue, sehingga pengeksekusian aplikasi tersebut akan dilanjutkan.
19.                  Boot : dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi, yang disebut juga dengan istilah bootstrap.
20.                  Broadcast : suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit radio,jaringan,dan sebagainya.
21.                  Buffer cache : suatu bagian yang sangat penting dari sistem kernel, menjaga seluruh buffer tetap diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang tidak dibutuhkan dan banyak lagi.
22.                  BUS : Jalur komunikasi data dan instruksi antar prosesor ke/dari memori ram dan komponen yang ada
23.                  BUG : kesalahan atau cacat dalam sebuah software atau hardware yang membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
24.                  Bootstrap : dalam perangkat keras berarti proses mengaktivkan computer sampai diambil oleh system operasi.
25.                  Box : Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam.
26.                  Bug : kesalahan. Istilah untuk sesuatu yang cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
27.                  Burst mode : cara pengiriman data dengan cara mengumpulkan informasi, kemudian dikirimkan sebagai unit yang besar dalam sebuah jalur kecepatan yang tinggi.
28.                  Bus : Jalur komunikasi data dan instruksi antar prosesor ke/dari memori ram dan komponen yang ada pada motherboard.
29.                  Busy : kondisi suatu system sedang melakukan suatu proses, sehingga tidak dapat diganggu sampai dengan proses tersebut selesai dilaksanakan.
30.                  Byte : satu byte adalah merupakan sebuah karaker yang dibangun dari tujuh atau delapan bit.
31.                  Calls : di dalam pemrograman atau eksekusi perintah, call berarti suatu cara untuk memindahkan eksekusi program ke suatu perintah lainnya.
32.                  Channel : suatu jalur komunikasi sinyal atau secara elektronik untuk pengiriman informasinya.
33.                  Circular-scan adalah varian dari algoritma SCAN yang sengaja didesain untuk menyediakan waktu tunggu yang sama.
34.                  Client : didalam computer jaringan, merupakan computer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh computer lainnya, yang disebut juga server.
35.                  Clock : sumber utama dari pulsa elektronik computer. Clock digunakan untuk menyamakan semua elemen computer.
36.                  Command control block : disingkat CCB, suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB, dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh direct interface.
37.                  Command-ready : Langkah yang ditentukan untuk device
38.                  Compatible : istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan.
39.                  Compile : Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.
40.                  Concurrency : kemampuan engerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.
41.                  Connection : koneksi, link antara dua entity.
42.                  Context switch : Mengganti CPU ke proses lain memerlukan penyimpanan suatu keadaan proses lama (state of old process) dan kemudian beralih ke proses yang baru.
43.                  Controller : adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.
44.                  Core dump : tindakan default saat sebuah proses menerima sinyal SIGPE (exception floating point)
45.                  CPU processing : dimana sebuah CPU sedang memproses page file dan sistem pada suatu sistem operasi
46.                  Crash : Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.
47.                  Cycle stealing : menunda operasi CPU untuk sebuah siklus operasi dalam urutan untuk member waktu menyelesaikan beberapa proses lamban.
48.                  Daisy chain : teknik menghubungkanperalatan tambahan secara seri ke sebuah computer.
49.                  Datagram : Satuan untuk unit informasi dalam Internet, biasanya unit-unit informasi membawa sejumlah data sekaligus juga alamat asal dan alamat tujuan pengiriman.
50.                  Debug : melacak menurut program.
51.                  Default : Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
52.                  Dependency : ketergantungan suatu system dengan system lainnya dalam melakukan suatu proses, sehingga apabila suatu proses dijalankan, maka system lain yang dibutuhkan tersebut juga harus tersedia.
53.                  Device : perangkat. Perangka nyata yang dikendalikan oleh chip controller di board system atau card.
54.                  Device driver : merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai penterjemah atau penengah dari sebuah program terhadap perintah yang dipahami oleh alat.
55.                  Directory : atribut dari file yang berupa directory.
56.                  Disk : Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.
57.                  Disk drive : alat tambahan yang digunakan untuk meletakan prirngan magnetic, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dalam disk.
58.                  Download : menyalin data dari server secara remote. Mengambil file atau mentarnsfer ile dari satu computer ke computer lainnya.
59.                  Driver : perangkat lunak pengendali perangkat.
60.                  Encode : menyandikan suatu kode. Suatu metode untuk melakukan pengkodean ulang terhadap suatu data, sehigga data tersebut apabila dilihat tidak akan sampai dengan data aslinya.
61.                  Entity : unsure aktif dalah salah satu lapisan protocol komunikasi model OSI.
62.                  Entry : memasukkan, mencatatkan. Data data masukan yang diberikan atau diketikan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.
63.                  Error : Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.
64.                  Ethernet : jaringan local untuk transmisi data antara computer yang terinterkoneksi.
65.                  Exception : kekecualian, pengecualian.
66.                  Feature : funsi atau kemampuan khusus yang ada pada suatu alat.
67.                  File : arsip yang disimpan dalam suatu media yang terdiri dari kumpulankarakter dan didokumentasikan dalam bentuk data digital oleh computer.
68.                  File system : metode pemberian nama file dengan cara menempatkannya ke dalam media penyimpanan, termasuk penempatan file pada struktur direktori.
69.                  Firewall : dinding pembatas. Kombinasi dari hardware maupun softwareyang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.
70.                  First-come first-serve : disngkat dengan FCFS. Istilah lain dari firs in frist out, proses yang dilakukan adalah proses yang terlebih dahulu memasuki antrian.
71.                  Flag : suatu bit atau byte yang digunakan sebagai penyimanan informasi tentang suatu kondisi.
72.                  Forward : didalam penggunaan fasilitas software untuk email maupun sms istilah ini diartikan melanjutkan yang diterima kepada orang lain.
73.                  Gateway : dalam pengertian tenis istilah ini mengacu pada pengaturan hardware mauoun software yang menterjemahkan antara dua protocol yang berbeda.
74.                  Generate : membangkitkan, menghasilkan.
75.                  Handler : suatu sub routine yangberfungsi untuk mengatur kegiatan dari suatu device.
76.                  Handshaking : suatu cara pengontrolan aliran data antara dua perangkat lunak menggunakan sinyal RS232, dan handshaking perangkat keras pada umumnya menggunakan karakter control Xon dan Xoff.
77.                  Hardware : perangkat keras suatu alat yang bias dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.
78.                  Head : merupakan suatu alat yang bekerja untuk mengakses data dari media storage.
79.                  Host : computer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan
80.                  I/O : singkatan dari input/output.
81.                  Idle : tidak jalan, menganggur.
82.                  Implementation : diterapkan.
83.                  Index : hasil penggalian yang dibuat oleh software search engine.
84.                  Input : masukan. Energi yang dimasukan ke dalam system.
85.                  Instruction : perintah yang dijalankan oleh computer dalam menjalankan prosesnya.
86.                  Interface : penghubung antara dua system atau alat.
87.                  Interrupt : kejadian – kejadian sinkron yang merupakan tanggapan pemroses terhadap kondisi – kondisi tertentu yang memerlukan perhatian.
88.                  Interrupt handler/ing : penanganan interupsi pada suatu system dapat mengorganisasi kerjanya.
89.                  Interrupt request line : permintaan interrupt.
90.                  Java : merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mulanya dikembangkan oleh perusahaan  Sun Microsystems.
91.                  Kernel : proses inti, berisi semua layanan yang disediakan system operasi untuk pemakai.
92.                  Layer : lapisan (konsep) dalam networking.
93.                  Library : kumpulan fungsi atau prosedur atau modul.
94.                  List : daftar
95.                  Load : memuat, mengisi. Proses pemuatan data ke dalam media storage.
96.                  Login : proses memasuki system
97.                  Magnetic disk : media penyimpanan data yang bentuknya merupai piringan dan pada permukaannya dilapisi dengan bahan kimia yang disebut dengan ironoxide.
98.                  Magnetic tape : pita magnetic/
99.                  Main memory : memori utama, bersifat volatile, tidak dapat mempertahankan data dari program yang disimpan bila sumberdaya energy listrik dihentikan.
100.               Mapping : pemetaan.
101.               Mask : suatu daerah yang ditentukan sebagai limit operasi pengeditan bagian dari citra.
102.               Maskable interrupt : interrupt yang bias ditandai interupsi tidak  bias muncul apabila sedang ditandai.
103.               Memory address : suatu nomor yang menunjukkan lokasi tertentu dari block memory.
104.               Microprocessor : mesin kecil sebagai pemroses dan pengendali utama proses yang terjadi pada computer yang dibuat dalam bentuk chip.
105.               Multi programming : satu komputer mengerjakan banyak program yang ada di dalam memori utama pada satu waktu.
106.               Network : merupakan jaringan antar computer yang menghubungkan satu computer dengan jaringan lainnya.
107.               Node : disingkat dengan N. titik yang dapat menerima input data ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya.
108.               Nonmaskable interrupt : interrupt yang tidak bias dicegah.
109.               Offset : posisi alamat pada segmen.
110.               Page fault : exception untuk permintaan alokasi.
111.               Pointer : penunjuk arah dalam computer.
112.               Partition : Istilah untuk membagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian.
113.               Random-access : setiap lokasi alamat di dalam memory memiliki mekanisme yang unik dan pengalamatan yang secara fisik wire-in.
114.               Remote : salah satu layanan internet yang memunkinkan seseorang pengguna internet untuk mengakses ke sebuah remote host.
115.               Setting : sebuah pengaturan dimana seorang user dapat mengatur sebuah aplikasi atau hal.
116.               Switching : jaringan yg mengalokasikan sebuah sirkuit yg dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna dalam berkomunikasi.
117.               Super user : user pada sistem linux.
118.               Sinkronisasi : Penyelarasan system operasi.
119.               Shell : program yang menjebatani user dengan SO dalam hal ini kernel.
120.               System call : penghubung antara proses menjalankan program dan sistem operasi.
 created and edited by:    Widyuta M Wibisana         (10523477)
                                                    Bryan Rico Alderi                (10523459)

0 komentar:

Posting Komentar